Pemodelan dan Animasi dengan 3D Max

illustrasi 3d max

3D Max atau 3D Studio Max atau juga sering disebut 3DS max, adalah salah satu software atau perangkat lunak yg sering digunakan oleh para perancang produk untuk membuat animasi atau pemodelan dalam bentuk 3 dimensi.

Aplikasi canggih ini diliris oleh salah satu perusahaan Autodesk Media & Entertainment yg pada mulanya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. 3D Max merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi modeling untuk membuat model 3 dimensi dan paling banyak digunakan oleh perancang yg tersebar diseluruh dunia.

Sejalan dengan berkembangnya teknologi termasuk juga dalam bidang komputerisasi, 3D Max pun mengalami perubahan-perubahan untuk menyesuaikan dengan kemampuan komputer yg semakin tinggi dalam hal grafis. 3D Max dikembangkan dari aplikasi sebelumnya yg bernama 3D Studio for Dos, tetapi aplikasi ini diperuntukan untuk platform Win32 saja.

Dengan semakin canggihnya kemampuan software ini, maka tidak aneh 3D Max menjadi program animasi komputer 3D dengan penjualan terbesar didunia. Software ini memiliki kemampuan modeling yg kuat dan merupakan plugin architecture yg fleksibel dan berkerja dengan platform Microsoft Windows. 3D max banyak digunakan oleh para pembuat dan perancang video game, visualisasi architecture, desain produk dan juga stasiun TV untuk pembuatan animasi.

 Metode Pemodelan Pada 3D Max

 Metode pemodelan yg ada pada 3D max diantaranya yaitu :

  •  Pemodelan dengan primitif
  •  Surface tool
  •  NURMS (subdivision surface)
  •  NURBS
  •  Pemodelan polygon

Pemodelan dengan primitif merupakan metode dasar, yaitu pemodelan dengan menggunakan bentuk-bentuk dasar atau primitif. Bentuk-bentuk dasar seperti bentuk kotak, bole, kerucut, limas, prisma silinder dan objek-objek dasar lainnya yg telah disediakan. Dalam metode ini juga, pengguna bisa menggunakan operasi Boolean, penggabungan, pemotongan maupun pengurangan. Sebagai contoh, dua bola bisa disatukan dan dapat berkerja sebagai blob, hal ini disebut sebagai pemodelan balon.

Pemodelan dengan Mental Ray disebut juga render engine (mesin untuk merender gambar atau video) yang terdapat pada program 3D Studio Max selain render standar pada software Default Scanline. Mental Ray sudah disesuaikan dengan program Max sehingga tidak perlu diinstal secara terpisah.

Kelebihan pada metode Mental Ray ini yaitu dapat mengkalkulasi efek global Illumination, disamping itu juga bisa menggunakan shader pada permukaan gambar atau cahaya. Selain Mental Ray ada render engine lain yaitu V-Ray, Final Render, Maxwell render, Brazil R/S dan render engine lainnya yg memiliki kecanggihan render masing-masing.

Tips Dasar Penggunaan 3D Max

Untuk pemula atau yg baru mengenal dan menggunakan aplikasi ini, jangan berharap bisa langsung membuat animasi atau desain 3d yg canggih, karena dalam merancang atau mendesain memakai software itu sangat kompleks sehingga memerlukan waktu untuk membiasakan diri menggunakan software ini. Berikut beberapa tips untuk memulai menggunakan software desain 3D secara umum :
  • Kenali spesifikasi terlebih dahulu mengenai kemampuan komputer minimal yg dibutuhkan sebelum melakukan instal.
  • Kenali icon-icon yg ada pada toolbar sebelum melakukan perancangan, seperti fungsi dan penggunaannya serta posisi pada toolbar untuk memudahkan anda dalam proses perancangan.
  • Mulailah dengan membuat bentuk-bentuk dasar seperti bola, koya, silinder dan sebagainya.
  • Gunakan render-render sederhana terlebih dahulu untuk mengetahui dan mengenal lebih jauh kecanggihan masing-masing fitur.
  • Jangan berhenti ketika ada masalah atau ketidaktahuan, tanyakan kepada orang-orang yg sudah ahli, pelajari buku-buku tentang software itu dan ikutilah tutorial yg ada. 


Selamat Mencobaaaaaaa .....

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Blog Sederhana